Rumah KIM dan Forum SP4N Lapor Dilaunching di Kecamatan Hulu Gurung
![]() |
| Foto: Kabid Kominfo Publik, Diskominfo Statistik Kapuas Hulu, Hambali melakukan Launching Rumah Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dan Forum Konsultasi Publik Aplikasi SP4N Lapor resmi digelar di Aula Kantor Kecamatan Hulu Gurung, Senin (27/10/2025)/ Istimewa |
Kapuas Hulu, khatulistiwamedia – Launching Rumah Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dan Forum Konsultasi Publik Aplikasi SP4N Lapor resmi digelar di Aula Kantor Kecamatan Hulu Gurung, Senin (27/10/2025). Kegiatan tersebut dihadiri seluruh Kepala Desa dan pengelola KIM se-Kecamatan Hulu Gurung.
Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo Kapuas Hulu, Hambali, mengatakan bahwa launching Rumah Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) bertujuan memperkuat peran KIM di tingkat desa sebagai mitra pemerintah dalam diseminasi informasi publik dan literasi digital masyarakat.
"Rumah KIM diharapkan menjadi wadah kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam menyebarkan informasi yang benar, membangun kepercayaan publik, serta mendorong partisipasi aktif warga desa dalam pembangunan daerah,” jelas Hambali.
Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi ajang sosialisasi Aplikasi SP4N Lapor, agar perangkat desa memahami pentingnya sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik terpadu secara nasional.
“Aplikasi SP4N Lapor menjadi sarana efektif menjembatani komunikasi antara masyarakat dan pemerintah, sehingga aspirasi dan keluhan masyarakat dapat ditindaklanjuti secara cepat, transparan, dan akuntabel,” ujarnya.
Dalam kegiatan tersebut turut hadir sejumlah narasumber, di antaranya Rosmadiah yang membawakan materi tentang pemanfaatan website KIM.id sebagai sarana publikasi dan berbagi informasi antar KIM di Kapuas Hulu, serta Ivan Hutabarat yang menyampaikan paparan teknis terkait penggunaan Aplikasi SP4N Lapor.
Acara juga dipandu oleh Dedek sebagai MC, serta diliput oleh Aprilia Sri Rejeki dan Zikri dari tim Kominfo Kapuas Hulu.
Hambali menutup dengan apresiasi kepada seluruh peserta dan pihak yang terlibat. Ini bentuk nyata komitmen bersama dalam membangun komunikasi yang sehat dan kolaboratif antara pemerintah dan masyarakat.
"Melalui kegiatan ini, diharapkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat semakin kuat dalam mewujudkan pelayanan informasi publik yang transparan, cepat, dan terpercaya di Kabupaten Kapuas Hulu," tuntas Hambali.
Penulis : Yohanes Santoso
#KominfoKapuasHulu #RumahKIM #SP4NLapor #KIMKapuasHulu #HuluGurung #TransparansiPublik #LayananPublikDigital #KolaborasiPemerintahDanMasyarakat #KapuasHuluInformatif #PelayananPublikTerpadu
